08/10/11

Perilaku Anak Dapat Diketahui Di Meja Makan


Di jaman yang serba modern ini, seringkali pola makan keluarga luntur akibat kesibukan dan kegiatan lainnya. Anakpun yang kurang mendapat perhatian dari orangtuanya menjadi anak yang akhirnya pun sibuk mencari kegiatan di luar. Padahal perkembangan anak dapat diketahui saat makan bersama orangtua di meja makan, sehingga melalui hal ini orangtua akan lebih mengerti kehendak anaknya.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Drs Hilaludin Nasir, mengatakan “Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam memberikan perhatian terhadap anaknya bisa dimulai dari meja makan kemudian ditindaklanjuti dengan program nyata.” katanya. “Makan bersama anak di meja makan, orangtua bisa mengetahui keinginan anaknya, selama ini kebanyakan orangtua hanya bisa memaksakan keinginannya terhadap anak, tanpa memperhatikan keinginan anak itu sendiri,” katanya lagi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua dalam memperhatikan keinginan anaknya, yaitu :


Sediakan waktu sebanyak mungkin

Sediakan waktu sebanyak mungkin agar dapat bersama dengan anak-anak, namun jika belum sempat, setidaknya sediakan waktu untuk makan malam bersama. Jikalau pagi terlalu sibuk buat Anda, perlahan-lahan jadikan makan pagi sebagai makan bersama juga.


Jadikan makan bersama sebagai kebiasaan

Makan bersama yang sudah menjadi kebiasaan, dapat menumbuhkan hal-hal positif pada anak. Bila satu keluarga melakukan berapa kali makan bersama di meja makan bersama anaknya, ini sudah menjadi indikator keluarga sejahtera, apalagi bisa menumbuhkan sifat kekeluargaan terhadap anak.


Tumbuhkan perhatian dan kasih sayang saat makan keluarga

Apabila pada saat-saat makan bersama itu, Anda sebagai orangtua memberikan keceriaan, kebahagiaan dalam keluarga, maka sifat kekeluargaan pada anak akan semakin kental. Sifat kekeluargaan ini dapat dikembangkan dan diterapkan terhadap anak di dalam pergaulannya sehari-hari, sehingga mereka tidak terjebak dengan pergaulan bebas dan perbuatan melanggar hukum.
Niscaya jika Anda setidaknya menyediakan waktu buat anak-anak di meja makan, mereka akan merasa keinginan dan kebutuhan mereka diperhatikan. Ini akan membawa dampak positif yang luar biasa. Sebagai orangtua Anda harus mengingat, bukan mencari uang yang terpenting, tapi bagaimana anak-anak Anda bertumbuh, itulah yang terpenting.

Source : antaranews/lh3