25/10/11

Ayo Ajari Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Keterampilan Sosial

Prasekolah merupakan masa pertumbuhan, belajar dan penemuan bagi siswa, orang tua dan guru. Terkadang anak-anak dengan kebutuhan khusus memiliki waktu yang lebih sulit ketika belajar keterampilan sosial dan membutuhkan dorongan serta dukungan dari orang dewasa dalam kehidupan mereka untuk mengembangkan keterampilan ini.
Ada hal yang mungkin orang tua dan guru dapat lakukan untuk membantu anak prasekolah dengan kebutuhan khusus untuk berkembang dan berinteraksi secara tepat dengan teman-temannya, diantaranya :
  • Mengembangkan sistem penghargaan dengan anak Anda untuk memperkuat perilaku sosial yang baik. Berikan hadiah kecil ketika ia berbuat sopan terhadap orang lain. Seperti ketika ia mengucapkan terima kasih kepada orang yang memberikannya sesuatu.
  • Bicara dengan anak Anda sering tentang interaksi sosial dan hubungan sosial. Mendorong anak untuk berbicara mengenai apa yang ia lakukan di sekolah bersama teman-temannya akan memperdalam pemahamannya dalam hal berinteraksi sendiri sosial dari sudut pandang pribadi.
  • Bicara secara konsisten dengan anak prasekolah anda mengenai informasi sosial, seperti di mana membuang sampah, bagaimana bersikap ketika berada didalam perpustakaan atau mengapa kita perlu berhenti di lampu merah.
  • Fokus pada satu perilaku atau keterampilan sosial yang anak Anda miliki. Misalnya, jika anak Anda hiperaktif dan cenderung menjadi agresif bila dengan orang lain, maka fokuskan pada satu dari dua perilaku tersebut. Hal ini memungkinkan dia untuk lebih fokus pada pemecahan masalah perilaku.
  • Dorong anak Anda untuk menyuarakan atau mengekspresikan emosinya dengan cara yang tepat ketika ia berada dalam situasi emosional intensif. Jika dia marah karena harus membersihkan kamarnya, duduk bersama dia dan meminta dia untuk menjelaskan mengapa dia marah. 
  • Menawarkan pilihan anak Anda ketika mencoba untuk melakukan sesuatu. Alih-alih menyuruhnya untuk sekedar mengambil mainan, tanyakan padanya apakah ia ingin mengambil boneka atau boneka binatang dulu.
  • Hindari mencoba untuk mengajarkan keterampilan sosial pada anak prasekolah ketika dalam kondisi emosional atau stres.
  • Dorong anak Anda untuk berbagi keluh kesahnya dengan Anda mengenai keterampilan sosial dan konfrontasi yang ia temui. Jangan pernah memarahinya kalau ia melaporkan penanganan situasi buruk. Sebaliknya, ucapkan terima kasih untuk berbagi dengan Anda dan berbicara dengan dia tentang cara-cara lain di mana ia dapat menangani situasi serupa di masa mendatang.

Sumber : eHow.com