10/10/11

Lahir Bayi Dua Kepala dengan Satu Tubuh di Indonesia

Biasanya kasus kembar siam yang ada di Indonesia adalah dua bayi berdempetan di bagian tubuh, baik dada maupun perut dan masing-masing memiliki organ vital. Namun, belum pernah ada kasus bayi berkepala dua. Itulah yang terjadi di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang dalam dunia medis disebut kembar siam dicephalus.


Dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Wiryawan Permadi SpOG K yang didampingi Alamsyah SpOG K menyebutkan berdasarkan data rekam kelahiran kembar siam yang dilaporkan di Indonesia, hingga kini ada 14 kasus kembar siam baik dempet kepala, dada, dan perut. “Untuk kasus dicephalus, yaitu dua kepala satu tubuh, di Indonesia sebelumnya belum pernah ada. Itu dari 14 kasus kembar siam yang pernah dilaporkan,” kata Wiryawan.




Kasus yang terjadi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung ini diduga menjadi kasus yang pertama kali terjadi di Indonesia dimana ada bayi yang memiliki satu tubuh (dua tangan, dua kaki, satu organ vital) tetapi berkepala dua yang kedua-duanya masih aktif.


Kasus yang unik dan jarang terjadi. Yang jelas, kasus ini sulit ditangani karena tidak mungkin mengorbankan salah satunya. Wiryawan menuturkan, salah satu contoh kasus kembar siam dicephalus ditemukan di Amerika Serikat yaitu Abigail Loraine Hensel ‘Abby’ dan Brittany Lee Hansel ‘Britty’ yang lahir 7 Maret 1990 di Carver County, Minnesota, Amerika Serikat. Keduanya tidak bisa dipisahkan karena hanya memiliki satu tubuh tetapi kepala dua. Hingga kini Abby dan Britty bisa bertahan sampai dewasa.

Mungkin itulah juga yang akan dilakukan oleh pasangan A (30) dan T (30) yang memiliki bayi siam dicephalus ini. Sebagai pengetahuan tambahan ketika sedang hamil, yang perlu diperhatikan adalah ibu harus memperhatikan asupan nutrisi terutama yang mengandung asam folat saat proses sebelum hingga masa kehamilan terutama pada trimester pertama.

Source : okezone/lh3

Bacaan Terkait :