26/10/11

7 Makanan Pembersih Hati


Hati bisa digambarkan sebagai organ detoksifikasi tubuh. Hati adalah organ terpenting kedua dalam tubuh yang melakukan berbagai tugas, jadi sangat penting bagi kita untuk merawatnya. Beberapa fungsi hati termasuk mengatur lemak, menyeimbangkan hormon, dan membantu poencernaan. Terdapat berbagai makanan yang dapat membantu fungsi hati agar dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Wortel

Wortel masuk ke dalam daftar ini karena wortel kaya akan beta-karoten. Wortel membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Wortel merupakan sumber energi yang baik dan dapat dimasukkan ke dalam diet dengan mudah. Saat mengkonsumsi makanan pembersih hati, sangatlah penting untuk memilih yang segar dan organik.


2. Bawang Putih

Bawang putih bertindak untuk membersihkan dan memperkuat darah. Bawang putih mengandung allicin dan selenium yang tinggi, yang dapat membantu membersihkan hati. Bawang putih tidak hanya membantu fungsi hati, tetapi ginjal juga. Bawang putih bertindak untuk mengaktifkan enzim hati yang pada gilirannya membersihkan racun.

3. Lemon

Makanan pembersih hati seperti lemon dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Lemon jus kaya akan vitamin C, mengandung antioksidan, dan merupakan makanan alkalising yang kuat. Lemon juga bertindak untuk membersihkan kandung empedu, ginjal, saluran pencernaan, dan paru-paru. Tambahkan setengah lemon jus ke dalam secangkir air panas untuk mendapatkan pencernaan yang lebih baik.


4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan makanan yang sangat baik bagi pembersihan hati. Sayuran berdaun hijau merupakan tanaman tinggi klorofil yang bertindak untuk menyerap racun dari aliran darah. Masukkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan arugula ke dalam diet Anda. Sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber serat yang dapat dikonsumsi dalam bentuk dimasak, dijus atau mentah.


5. Ubi Bit

Bit mengandung zat kimia yang disebut betaine yang dapat merangsang sel-sel hati. Betaine juga melindungi saluran hati dan empedu, serta memainkan peranan penting dalam pencernaan makanan. Bit merupakan sumber yang kaya dari berbagai vitamin dan mineral. Bit tidak hanya membantu dalam pembersihan hati, ginjal dan kandung empedu, tetapi juga membantu menstabilkan gula darah.

6. Susu Thistle

Susu ekstrak thistle dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan hati. Susu ini berisi antioksidan yang berfungsi sebagai pemblokir racun. Sebagai perkenalan susu thistle ke dalam diet Anda, kapsul susu thistle juga tersedia untuk dikonsumsi. Kapsul ini dapat dikonsumsi setiap hari selama jangka waktu tertentu.


7. Teh Dandelion

Teh dandelion memiliki sifat antioksidan dan merupakan pembersih darah. Teh ini adalah obat herbal yang telah digunakan selama berabad-abad. Akar dandelion merangsang aliran empedu dan bertindak sebagai tonik untuk hati. Teh dandelion dapat memiliki sifat baik sebagai pencegahan maupun reparatif. Cobalah untuk mengganti cangkir kopi harian Anda dengan beberapa cangkir teh dandelion.

Salah satu metode pembersihan hati yang paling penting adalah dengan meminum banyak air. Anda tidak harus mengkonsumsi semua makanan di atas, tetapi menyadari makanan apa yang bekerja terbaik untuk tubuh Anda selalu berguna untuk menambah pengetahuan Anda.